Jumat, 20 Juli 2012

APLIKASI PENGOLAH KATA (Word Processing)

APLIKASI PENGOLAH KATA (Word Processing)

Posted by haris widodo Senin, 13 Februari 2012 8 komentar
Hallo sobat Gibbs semua... Bagaimana nih kabarnya? Baikkan? Oh ya ni sobat Gibbs, kali ini hariez akan mencoba mengupas tentang aplikasi pengolah kata. Seperti yang kita semua tahu, aplikasi ini sangat diperlukan pada saat kita akan membuat makalah, laporan, artikel atau sekedar iseng saja. Mungkin bagi kalian aplikasi pengolah kata hanya MS Word (microsoft word) saja. Ya, ini karena aplikasi ini memang sangat familiar dan digunakan di sistem operasi berbasis windows yang banyak digunakan di Indonesia khususnya kantor dan sekolah-sekolah. Tapi apa kalian tahu aplikasi pengolah kata (Word Prosesing) selain MS Word?? Ok, bagi yang belum tahu, kini waktunya hariez ngasih tau dan yang udah tau bisa ngasih kritik dan saran.

Ini dia daftar Aplikasi Pengolah kata selain MS Word:

1. NOTEPAD

Notepad adalah aplikasi pengolah kata bawaan sistem operasi Windows. Jadi setiap menginstal Windows notepad biasanya otomatis akan ter-instal.
Notepad merupakan editor teks yang sederhana, Notepad biasanya digunakan oleh pembuat program untuk menuliskan kode program atau merubah konfigurasi contohnya untuk merubah HTML.

2. WORDPAD

Wordpad sendiri merupakan aplikasi pengolah kata bawaan dari sistem operasi Windows. Walaupun bawaan dari Windows, Wordpad mempunyai fitur yang lebih lengkap dari saudaranya yaitu Notepad karena Wordpad mempunyai kemampuan menyisipkan tanggal, obyek, memformat tulisan, meratakan paragraf, memasukan bullet dan mengatur tabs sebuah tulisan. Untuk menjalankan Wordpad hampir sama dengan Notepad.

3. StarOffice Writer
StarOffice Writer adalah program aplikasi pengolah kata yang hampir mirip dengan Microsoft Office perbedaannya hanya terletak pada extensinya saja. Jika MS Word menggunakan extensi .doc maka StarOffice Writer menggunakan extensi .odt namun bisa diganti menjadi .doc. StarOffice mengkombinasikan fungsi pengolah kata, HTML editing, spreadsheet, desain grafik, presentasi, e-mail, news reader, penjadwalan atau agenda dan database.
StarOffice dapat dijalankan pada sistem operasi berbasis Windows dan Mac OS (Apple).

4. Open Office Writer
Aplikasi pengolah kata ini merupakan sebuah aplikasi seperti MS Word bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL(General Public Lisensi). Sehingga program ini bebas didistribusikan secara gratis.
Fitur yang terdapat dalam Open Office Writer antara lain: Tabel dalam Open Office Writer dapat melakukan kalkulasi formula (menjumlah antar cell). Open Office memiliki fasilitas bawaan "export as PDF" sehingga tidak perlu membeli Adobe Acrobat untuk membuat file ber extensi .pdf. Open Office Writer juga dilengkapi Style, header, footer, numbering fami naik merge seperti yang dimilik Microsoft Word.

5. AbiWord
http://maul-underground.blogspot.com/

Sama seperti Open Office, Abiword merupakan aplikasi yang berlisensi GPL dan dikembangkan oleh komunitas OpenSource. Program ini bisa kita dapatkan secara gratis dengan mendownload dari situs resminya di www.abiword.org secara gratis. Abiword mempunyai ukuran kecil yaitu sekitar 5 MB.

6. KWord
Aplikasi ini menggunakan lisensi GPL dan dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan di sistem operasi berbasis Linux. Aplikasi pengolah kata ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS. KOffice juga menyediakan aplikasi pengolah kata yakni KWord, KSpread untuk spreadsheetr, KPresenter untuk presentasi, KChart untuk chart dan KFormula untuk formula editor.

7. Atlantis Word Processor

Atlantis Word Processor merupakan salah satu aplikasi pengolah kata dan memiliki tampilan hampir mirip seperti MS Word. Atlantis mendukung format-format extensi seperti Document (doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan format text standar (txt).

Itu adalah sebagian kecil dari Aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang sebenarnya terdapat puluhan bahkan ratusan lainnya. Dan yang merasa bosan dengan MS Word bisa mencoba salah satu aplikasi pengolah kata yang tadi dijelaskan di bawah sini.

1. Notepad++ 5.9.8
2. StarOffice writer 8
3. Open Office Writer
4. AbiWord
5. KWord
6. Atlantis Word Processor

Tips Microsoft Excel : Membuat Kombinasi Rumus Dalam Sebuah Kalimat

Membuat Kombinasi Rumus Dalam Sebuah Kalimat.

 
 
 
 
 
 
24 Votes

Tips kali ini adalah tentang membuat suatu gambaran dari data-data yang ada digabung menjadi satu yang nantinya menjadi sebuah informasi yang menjadi satu kesatuan dengan kata lain kombinasi sebuah rumus didalam sebuah kalimat.
Biasanya hal ini bisa kita gunakan ketika membuat suatu laporan sehingga kita tidak perlu mengetik ulang ketika data yang menjadi acuan bertambah terus karena sebelumnya kita sudah membuat satu patokan dalam menentukan informasi tersebut muncul.
Contoh kali ini saya ambil adalah tentang data warga disuatu RT yang berisi nama, alamat dan keterangan lainnya yang menyangkut data warga tersebut.
Ok sekarang coba perhatikan gambar dibawah ini :

Gambar diatas kita umpamakan adalah database warga disebuah perumahan di suatu RT, data berisi informasi Nopen (nomor Penduduk), Nama Warga, Alamat lama (sebelum pindah), Alamat sekarang, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan Status perkawinan.
Dengan data yang sudah ada tersebut kita menginginkan semacam suatu keterangan atau rangkuman dari data-data tersebut yang menjadi sebuah informasi yang utuh dikala kita ingin mencari data warga tersebut.
Ini adalah cara lain dari contoh yang pernah saya posting sebelumnya, semisalkan postingan yang satu ini (silakan baca).
Nah sekarang anggaplah aplikasi yang kita buat adalah seperti gambar dibawah ini :

Gambar diatas menerangkan dengan “hanya” mengetik Nomor Penduduk (Cell D3) maka informasi yang muncul tidak hanya sebatas nama warga tapi data lainnya yang tercantum didatabase tapi informasi tersebut tidak berdiri sendiri melainkan menjadi sebuah rangkuman informasi (kalimat).
Yuk kita mulai membuat rumusnya :
  • Untuk memunculkan Nama Warga (Cell D4) saya yakin yang biasa berkunjung kesini sudah paham, yaitu dengan menggunanakan Fungsi VLOOKUP, dan rumusnya adalah :
=IF(ISBLANK(D3),”",VLOOKUP(D3,Sheet2!$A$6:$B$8,2,FALSE))
Kali ini kita menambah Fungsi IF dan ISBLANK dengan tujuan ketika data yang tertera di Nomor Penduduk (Cell D3) kosong dalam arti tidak ada hurup atau angka yang diketik maka di Nama Warga (Cell D4) tidak akan muncul #N/ A.
  • Karena kita ingin menampilkan profil warga tersebut di Keterangan (Cell D5) maka rumus yang kita bangun adalah sebagai berikut :
=D4&” adalah warga kami yang sekarang tinggal dan berkedudukan di “&IF(ISBLANK(D3),”",VLOOKUP(D3,Sheet2!$A$6:$G$8,4,FALSE)& dimana sebelumnya adalah warga pindahan dari &IF(ISBLANK(D3),”",VLOOKUP(D3,Sheet2!$A$6:$G$8,3,FALSE)& adapun tempat dan tanggal lahirnya yaitu &IF(ISBLANK(D3),”",VLOOKUP(D3,Sheet2!$A$6:$G$8,5,FALSE)&”, “&IF(ISBLANK(D3),”",VLOOKUP(D3,Sheet2!$A$6:$G$8,6,FALSE)& dengan status perkawinan sekarang adalah &IF(ISBLANK(D3),”",VLOOKUP(D3,Sheet2!$A$6:$G$8,7,FALSE))))))
Perhatikan baik-baik jangan dulu pusing ya, bahwa ada beberapa kalimat yang merupakan penjelasan dari rumus yang dibuat yang bertujuan menjelaskan kondisi warga tersebut dan untuk yang lainnya saya rasa cukup jelas.
Nah sekarang coba masukan salah satu nomor penduduk, misalkan A121, maka yang muncul adalah seperti gambar dibawah ini :

Gampangkan…..Selamat Mencoba.
Salam.
Update 09032012 :
Buat temen-temen ada cara lain dalam menggabungkan rumus atau kata/kalimat dari setiap cell menjadi satu, silakan smak tulisan terbaru dari Blognya Omiyan yang berjudul Tips Microsoft Excel : Menggabungkan Kata/Kalimat Dengan Fungsi Concatenate
——————————————-00000000000——————————————-
Sumber bacaan :

——————————————-00000000000——————————————-
Tips Sebelumnya :
——————————————-00000000000——————————————-

istilah-istilah dan fungsi formula excel 2007

istilah-istilah dan fungsi formula excel 2007

excel-2007Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.  Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini
Istilah-istilah dalam Excel
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Menulis Rumus
1.Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak sama dengan
2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
A.Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
1. Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
2. Fungsi FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
3. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
4. Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
5. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
6. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)

Cara membuat mail merge di Ms Word 2007

Cara membuat mail merge di Ms Word 2007

Mail merge atau surat masal adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan berbagai tujuan alamat dan nama yang berbeda. Tentu hal ini akan sangat mempermudah sekali pekerjaan kita. Kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu tujuan dan nama alamat yang dituju, cukup hanya dengan mengetik daftar nama serta alamat yang dikehendaki maka nama, alamat yang dibuat akan langsung bergabung atau merger dengan format surat tadi.
Tidak hanya format surat saja kegunaan mail merge ini, Jika kita mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir yang sama namun dengan isian yang berbeda, maka mail merge lah solusinya. Cukup buat format blangko atau formulir yang dikehendaki dan membuat daftar isian formulir, maka sudah cukup. Hasilnya, setiap isian dari formulir tersebut akan silih berganti sesuai dengan daftar yang telah dibuat.
Untuk membuat mail merge berikut ini adalah langkah-langkahnya :
  1. Buat dokumen terlebih dahulu (bisa berupa surat, blangko formulir, atau dokumen yang lain)
  2. Klik ribbon Mailings kemudian klik Start Mail Merge, pilih Step by Step Mail Merge Wizard

    membuat mail merge
  3. Akan muncul panel Mail Merge disebelah kanan jendela Word anda.
  4. Pada Select document type pilih Letters kemudian klik Next pada bagian bawah untuk melanjutkan.

    membuat mail merge
  5. Pilih Use the current document kemudian klik Next

    membuat mail merge
  6. Pada pilihan select recipients, jika anda belum membuat daftarnya pilih saja Type a new list kemudian klik Create.

    membuat mail merge
  7. Akan muncul jendela New Address list. Untuk memudahkan pekerjaan kita nantinya sebaiknya kolom yang ada dihapus kemudian dibuat kolom isian yang baru sesuai dengan yang dibutuhkan.
    • Klik Customize columns

      membuat mail merge
    • Pilih filed name kemudian klik tombol delete, sampai semua nama kolom terhapus.

      membuat mail merge
    • Untuk membuat field name baru klik Add kemudian beri nama sesuai dengan kebutuhan (seperti Nama, Alamat, dsb)

      membuat mail merge
    • Tambahkan beberapa filed sesuai dengan kebutuhan anda.
    • Jika dirasa sudah cukup klik OK

      membuat mail merge
    • Muncul jendela New address list. Masukkan data-data yang dibutuhkan sampai selesai, kemudian klik OK

      membuat mail merge
    • Untuk menghapus entry klik pada entry yang mau dihapus kemudian klik delete. Untuk menambah entry baru klik pada new entry.
    • Simpan pada folder dimana tempat dokumen tersimpan kemudian klik Save.

      membuat mail merge
    • muncul daftar list yang sudah siap untuk dimasukkan. Untuk memasukkan semua beri tanda centang pada kotak yang ada, atau bisa anda pilih sendiri sesuai kebutuhan daftar yang ada dengan menghilangkan tanda centang pada list tersebut.

      membuat mail merge
  8. Klik Next : Write your letter untuk melajutkan
  9. Sampai disini kita akan memasukkan daftar field yang telah kita buat tadi untuk dimasukkan pada dokumen. Arahkan kursor pada tempat filed diletakkan.

    membuat mail merge
  10. Pada pilihan write your letter, pilih More item

    membuat mail merge
  11. Pada jendela yang muncul pilih nama filed sesuai dengan dokumen kemudian klik insert

    membuat mail merge
  12. Ulangi langkah diatas sampai data diisi dengan field yang sesuai. Sehingga tampilannya akan seperti dibawah ini.

    membuat mail merge
  13. kemudian klik Next untuk melihat hasil merge data. Klik tanda panah kekanan atau kekiri pada preview your letters untuk melihat hasil.

    membuat mail merge

    membuat mail merge
  14. Jika ada yang masih salah datanya bisa diubah datanya pada edit recipient list. Jika sudah cukup klik Next untuk complete the merger.
  15. Terdapat dua pada pilihan complete merger yaitu Print dan Edit individual letters. Jika anda pilih merger print, maka data merger akan langsung dicetak melalui printer. Jika dipilih Edit individual letters maka data akan ditampilkan pada beberapa halaman langsung di Ms Word. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.

    membuat mail merge

Cara Yang Benar Menghidupkan Dan Mematikan Komputer

Cara Yang Benar Menghidupkan Dan Mematikan Komputer

Apakah anda pernah memperhatikan cara menyalakan radio tape untuk mendengarkan musik? Pertama-tama, anda memasang kabel listrik, setelah tersambung, anda menekan tombol eject untuk memasukkan kaset. Setelah kaset terpasang, anda tekan tombol play dan mulai mendengarkan alunan nasyid kesukaan anda. Hal-hal tersebut merupakan prosedur atau cara baku dalam menyalakan radio tape. Demikian halnya dengan komputer, untuk memulai pengoperasiannya, ada prosedur baku yang harus kita lakukan, yaitu sebagai berikut:

- Pasangkan kabel ke stopkontak.
- Tekan tombol ON pada penstabil tegangan (Stabilizer), CPU, dan monitor. (jika ada)
- Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses booting, yaitu proses suatu komputer mendeteksi hard disk, floppy disk drive, CD -Room dan CPU (memory, clock, RAM dan lain sebagainya).
- Setelah proses Booting selesai, di layar muncul kotak dialog untuk mengisi Username dan Password. (jika menggunakan password)
- Setelah selesai muncul desktop. Pada tahap inilah, komputer siap digunakan dan anda dapat menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Selain mengetahui cara yang benar untuk menghidupkan komputer, andapun harus mengetahui cara mematikannya. Cara yang benar untuk mematikan komputer adalah sebagai berikut:

- Pastikan semua aplikasi yang telah anda gunakan sudah ditutup.
- Pada menu Pull-down Start, klik Shutdown-OK (windows 98) atau klik Turn Off computer-Turn Off (windows XP). Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan ‘windows is shutting down’ (windows 98). Setelah itu computer akan mati dengan sendirinya.
- Tekan tombol OFF pada monitor, CPU dan penstabil tegangan.
Prosedur-prosedur tersebut, harus anda kerjakan secara berurutan. Dengan demikian komputer anda akan dapat berusia lama.

Rabu, 04 Juli 2012

MENGANALISA SISTEM HARDWARE









Jika Anda sedang mencari sebuah software yang berfungsi untuk menggali informasi tentang sebuah komputer, baik tentang hardware yang tidak terdeteksi oleh windows, driver hardware yang tidak dikenali, daftar perangkat yang terinstal di dalam CPU, atau bahkan ingin mencari tahu seberapa besar kemampuan komputer Anda lewat beberapa tes uji berskala profesional, mungkin artikel ini bisa memberikan sudut pandang dan jawaban tentang semua keinginan itu.
Ada 2 software yang ingin saya ketengahkan untuk tujuan di atas kali ini, yaitu HWiNFO32 dan PC WIZARD 2010. Kedua software analisa ini memang cukup dikenal mempunyai rating yang bagus di bidangnya, juga selalu up to date mengikuti perkembangan dunia komputer. Dan tentu saja, gratis alias freeware (I loo..ove free software!).
Selain tersedia dalam bentuk installer, HWiNFO32 dan PC WIZARD juga tersedia dalam bentuk portabel (untuk media USB, CD-Rom dan media penyimpanan portabel lainnya), sehingga cocok untuk Anda yang ingin melakukan identifikasi hardware atau informasi sistem untuk beberapa komputer berbeda sekaligus.
HWiNFO32
Hardware Info (HWiNFO) adalah sebuah software utilitas yang dirancang khusus untuk mendeteksi perangkat keras/hardware di bidang komputer. HWiNFO32 memang ditargetkan untuk mengenali sebanyak mungkin informasi tentang hardware komputer yang dianalisa, sehingga memungkinkan Anda untuk memeriksa konfigurasi hardware komputer secara lengkap, cocok untuk pengguna yang mencari driver update, manufaktur komputer, system integrator dan analisa teknis juga. Informasi yang diperoleh akan disajikan secara logis dan mudah dipahami, juga dapat diekspor ke dalam berbagai jenis laporan.

Berikut adalah beberapa fitur HWiNFO32:
· Mendukung teknologi standar dan terbaru
· Informasi hardware yang luas
· Sistem pemantauan status komputer
· Benchmark/uji sitem tingkat dasar (basic)
· Laporan dapat diekspor dalam format Teks, CSV, XML & HTML
· Pembaruan & pengembangan software secara periodik
· Menunjukkan semua komponen/hardware komputer yang tersusun secara detil
· Menampilkan status dari monitor hardware
Silahkan download HWiNFO32 dari website resmi REALiX [ Klik di SINI ].

PC WIZARD
PC WIZARD adalah sebuah software utilitas yang ampuh yang dirancang khusus untuk mendeteksi hardware komputer dan juga beberapa kegiatan analisis. Software ini mampu mengidentifikasi komponen sistem dalam skala besar dan mendukung teknologi terbaru dan standar. software ini secara berkala terus diperbaharui (biasanya sekali per bulan) agar dapat memberikan hasil yang paling akurat.

Berikut adalah beberapa fitur PC WIZARD:
· Mendukung teknologi standar dan terbaru
· Informasi hardware yang sangat luas dan menyeluruh
· Informasi konfigurasi sistem yang lengkap
· Sistem pemantauan status komputer
· Benchmark/uji sitem tingkat lanjut (advanced)
· Laporan dapat diekspor dalam format TXT, RTF, HTML, PDF, BMP atau file kompresi (CAB,ZIP)
· Pembaruan & pengembangan software secara periodik
· Menampilkan status dari monitor hardware
Silahkan download PC WIZZARD dari website resmi CPUID [ Klik di SINI ].
SARAN
  • Kedua software tersebut juga tersedia di softpedia [ Klik di SINI ].
  • Meskipun tersedia dalam bentuk portabel, saya menganjurkan format installer yang dipilih karena memang lebih sedikit mengalami kasus kegagalan deteksi daripada versi portabel.
  • Setiap software memang mempunyai kelebihan dan kekurangan satu sama lain, begitu juga dengan kedua software ini. PC WIZARD memang jauh lebih unggul dalam fitur dan informasi yang diperoleh dibandingkan dengan HWiNFO32, namun PC WIZARD juga lebih sering mengakibatkan sebuah komputer hang saat pendeteksian hardware dalam beberapa kasus daripada HWiNFO32.
*Catatan: Jika komputer hang/freeze saat pendeteksian hardware oleh kedua software tsb, tidak usah panik. Cukup restart ulang komputer dan silahkan tes ulang lagi jika Anda belum kapok. Namun jika terjadi hang/freeze untuk kedua kalinya di komputer yang sama, sebaiknya Anda mulai mencari alternatif lain dalam masalah ini.
Salam, semoga bermanfaat.